Translate

Rabu, 06 Maret 2013

Pengertian LCO



LIFE CYCLE OF ORGANIZATION

Oleh: Wahyu Purhantara


Lingkungan persaingan saat sekarang ini sangatlah dinamis dan bergejolak. Dinamis, kondisi persaingan dipengaruhi oleh banyak sisi (pendatang baru, subtitusi, konsumen, pemasuk, pesaing industri) dan berjalan sangat cepat (tidak mengenal waktu). Bergejolak, kondisi persaingan tidak dapat diikuti iramanya, karena kondisinya tidak menentu yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan makro dan mikro. Ini dapat kita lihat adanya perubahan-perubahan mendasar organisasi pada sisi kontruksi, ide, struktur, dan pola-pola hubungan dalam tubuh organisasi. Untuk mempercepat proses percepatan perubahan, organisasi melakukan identifikasi pada faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan organisasi. Tentu saja upaya ini akan menimbulkan pertanyaan banyak pihak, ketika organisasi melakukan reidentifikasi untuk melakukan penataan ulang sebagai upaya percepatan perubahan organisasi.  
Bagi organisasi yang tidak memiliki sifat responsivitas yang tinggi otomatis akan digilas oleh perubahan, dan otomatis hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Jika dikaitkan dengan life cycle of organization (LCO), maka usia organisasi akan mengalami decline pada usia yang belum tua. Kondisi ini sangat tidak menguntungkan bagi seluruh stakeholders organisasi. Dengan kepekaan tersebut, organisasi tidak hanya akan lebih cepat mengadakan reaksi, akan tetapi melakukan antisipasi untuk menyesuaikan tujuan, strategi, kebijaksanaan, taktik serta desain dan struktur organisasi pada situasi yang berubah. Organisasi yang baik adalah organisasi yang dapat melihat ke depan  (outward looking) dan dapat mempersiapkan diri untuk itu. Organisasi harus mempersiapkan forecast dan estimasi situasi lingkungan, agar lebih cepat tanggap dan dapat bersiap-siap sebelumnya terhadap perubahan lingkungan.
            Organisasi sangat tergantung pada lingkungan, dengan demikian organisasi harus mampu menyesuaikan  diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan, apabila ingin tetap bertahan  (survival) dan berumur panjang. Untuk itu diperlukan pengawasan atau monitoring terhadap perubahan lingkungan dan pengembangan rencana-rencana untuk bertahan dengan perubahan-perubahan yang sesuai dengan perubahan lingkungan. Pada bagian ini akan dikutip beberapa pendapat para ahli teori organisasi yang menjelaskan mengenai pertumbuhan organisasi, teori tentang kelembagaan dan daur hidup organisasi serta kemunduran organisasi sebagai berikut :
Model Pertumbuhan Organisasi menurut Larry Greiner (dalam Robbins, 1990) ada 5 tahap, yaitu :
1.     Tahap kreatifitas
2.     Tahap pengarahan
3.     Tahap pendelegasian
4.     Tahap koordinasi
5.    Tahap kerjasama
Quinn dan Cameron (dalam Daft, 1998) merumuskan model perkembangan organisasi menurut ada 4 tahap, yaitu :
1.      Tahap entrepreneurial
2.      Tahap bersama
3.      Tahap formalisasi
4.      Tahap kerjasama
Sementara itu Jones (1998) mendefinisikan siklus hidup organisasi sebagai suatu: “tahap siklus hidup organisasi, dimana organisasi mampu mengembangkan nilai kreasi dan kompetensi sehingga  mendapatkan sumberdaya  tambahan.  Pertumbuhan ini memungkinkan organisasi meningkatkan pembagian kerja dan spesialisasi serta sekaligus mengembangkan keunggulan kompetitif”.
 Menurut  Stephen P .Robbins (1990) bahwa daur hidup (life cycle) : ”Digunakan untuk memperlihatkan bagaimana organisasi itu bergerak melalui empat tahap: kelahiran atau pembentukan, pertumbuhan, kedewasaan, dan kemunduran.”
Dari beberapa pengertian di atas, maka dapat disimpulkan  bahwa siklus hidup organisasi merupakan suatu kesatuan proses hidup organisasi dengan dimulai dari lahir, tumbuh, berkembang, dewasa, dan berkahir dengan kemunduran. Di dalam  menjalani proses LCO, setiap organisasi akan dituntut untuk berkreatif, inovatif, dan responsif (sebagai sumber daya organisasi) sesuai dengan kompetensi organisasinya untuk mencapai sustainable of organizatio. Proses LCO ini meliputi proses: formasi, pertumbuhan, kedewasaan, dan kemunduran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar