Translate

Jumat, 01 Maret 2013

Pengembangan Organisasi (sasaran)


SASARAN ODES

Oleh: Wahyu Purhantara

 
Perkembangan IPTEK, sosial, ekonomi, lingkungan, kependudukan dan pengaruh ekonomi global telah menimbulkan permasalahan yang harus dihadapi organisasi menjadi semakin luas dan kompleks. Permasalahan tersebut terus berkembang sesuai percepatan perubahan yang terus melilit setiap organisasi. Situasi yang dialami organisasi di  Indonesia telah memberi pelajaran bahwa permasalahan organaisasi tidak tumbuh secara linier, dimana banyak sekali hal-hal yang tidak pernah diduga sebelumnya. Banyak kejadian atau tuntatan pelanggan yang tiba-tiba muncul akan perbaikan kualitas layanan atau produk. Suatu ketika, tiba-tiba karyawan produksi mogok kerja. Rekanan mengeluhkan tentang birokrasi organisasi yang terlalu rumit, dan masih banyak peristiwa yang muncul secara tanpa diduga. Tentu saja jika dikaji lebih dalam, hal ini dikarenakan oleh adanya pola perubahan yang sangat dinamis, baik didalam organisasi maupun di luar organisasi,
Dengan demikian  organisasi dituntut untuk: pertama, melek dan peka terhadap perubahan. Proses perubahan yang sedang dan akan berlangksung di sekitar organisasi harus mampu dibaca olehnya. Artinya, organisasi harus memiliki tingkat kepekaan untuk membaca tanda-tanda atas dinamika perubahan, baik sosial, ekonomi, hukum, lingkungan, IPTEK, dan lain-lain, karena hal ini akan menentukan strategi kedua. Langkah strategis kedua adalah, terus menerus mempersiapkan dirinya untuk mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Keberhasilan pada langkah pertama, akan membawa organisasi untuk mempersiapkan diri sedari dini untuk membuat perencanaan, strategi, dan mengkontrol perubahan yang sedang dan akan berlangsung. Pengalaman yang dialami berbagai organisasi di negara maju menunjukkan bahwa hanya organisasi yang secara konsisten terus meningkatkan dirinya melalui pengembangan organisasi yang dapat bertahan.
Pengembangan organisasi berbasis semangat kewirausahaan merupakan proses terencana untuk mengembangkan kemampuan organisasi  dalam kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berubah dengan mendayagunakan potensi kecerdasasan, kreativitas, dan inovasi anggotanya, sehingga dapat mencapai kinerja optimal yang dilaksankan oleh seluruh anggota organisasi. 
Sasaran utama pengembangan organisasi adalah :
1.      Peningkatan efektivitas organisasi suatu sistem yang terbuka.
2.      Mengembangkan potensi terpendam dalam diri tiap anggota organisasi menjadi kemampuan organisasi yang nyata.
3.      Intervensi keperilakukan dilaksanakan melalui sinergi antara manajemen dengan para anggota organisasi untuk menentukan cara yang lebih baik demi tercapainya tujuan individu dalam organisasi dan tujuan organisasi secara keseluruhan.
Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi oleh organisasi.
2.      Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi. Kolaborasi disusun dalam rangka menghasilkan sinergi kinerja
3.      Menekankan cara-cara baru yang lebih kreatif dan inovasi untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
4.      Mengandung nilai humanistik dan holistik dimana pengembangan potensi manusia secara menyeluruh menjadi bagian terpenting dari organisasi.
5.      Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya kompetensi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar