STRATEGI GENERIK
Oleh: Wahyu Purhantara
Bentuk dari strategi dapat bervariasi dari satu industri ke industri lain,
dari satu perusahaan ke perusahaan dan satu situasi ke situasi yang berbeda.
Sehingga setiap perusahaan mempunyai strategi sendiri yang berbeda dengan para
pesaing. Namun ada sejumlah strategi
yang umum dapat diterapkan pada berbagai bentuk industri dan ukuran organisasi
/ perusahaan. Strategi tersebut dikenal dengan “Strategi generik”.
Strategi Generik dari Glueck
Glueck berpendapat bahwa pada prinsipnya terdapat empat macam strategi
generik. Keempatnya dikenal sebagai strategi stabilitas (Stability strategy),
strategi ekspansi (Expansion strategy),strategi penciutan (retrenchment
strategy) dan combinasi (Combination).
a.
Strategi stabilitas
1.Tidak ada
pertambahan pada produk,pasar dan fungsi-fungsi perusahaan.
2.Peningkatan
efisiensi.
3.Resikonya kecil
4.Alasan
menggunakan strategi ini :
1.
Perusahaan telah berhasil dan menguntungkan pada saat
ini.
2.
Mudah menerapkan.
3.
Takut ada pemborosan.
b.
Strategi ekspansi
- Menitik beratkan pada pertambahan pada produk,pasar dan fungsi-fungsi perusahaan.
- Meningkatkan aktivitas perusahaan.
- Resiko tinggi.
- Alasan menggunakan strategi ini
1. Masyarakat akan diuntungkan dengan adanya perluasan usaha.
2. Adanya tekanan dari pihak luar
c.
Strategi penciutan
- Pengurangan atas produk,pasar dan fungsi-fungsi perusahaan.
- Penekanan pada pengurangan bisnis.
- Kondisi bisnis menurun
- Karena unit-unit tertentu memerlukan penambahan untuk mengatasi masalah yang timbul (SBU).
- Alasan :
o
Adanya kesempatan yang lebih baik dibidang lain.
o
Kekuatan yang tidak mampu menghadapi persaingan
o
Unit bisnis merugi terus.
o
Unit bisnis todak dapat memenuhi target yang telah
ditentukan.
d.
Strategi combinasi
þ Gabungan
strategi diats pada situsi dan kondisi yang berbeda.
þ Alasan
menggunakan strategi ini :
o
Terjadinya perubahan yang cepat.
o
Adanya tahap-tahap kehidupan yang berbeda dari sebuah
produk
Strategi Generik M. Porter.
Jika perusahaan
menjalankan bisnis, maka prinsip dasar untuk mencapai keuntungan yang tinggi
adalah : membeli dangan harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi.
Keunggulan
Bersaing
Posisi
biaya rendah Keunikan
yg dilihat pelangan
|
Differensiasi
|
||
Fokus Biaya
|
Fokus Differensiasi
|
Terdiri dari :
1.
Diferensiasi (Differentiation)
2.
Kepemimpinan biaya menyeluruh (Overall cost leadership)
3.
Fokus (Focus) :
a.Diferensiasi
b.Kepemimpinan
biaya menyeluruh
a. Diferensiasi adalah mengambil pelanggan sebagai titik
perhatian utama. Strategi ini menitik beratkan pada membangun persepsi pembeli
akan keungulan kualitas, desain produk, teknologi, jaringan distribusi, image
berat, bahan atau pelayanan. Persyaratan untuk strategi ini adalah :
A.
Ketrampilan dan Sumberdaya Umum yang di perlukan1. kemampuan pemasaran yang kuat
2. bakat yang kreatif
3. perekayasaan produk
4. kemampuan yang kuat dalam riset dasar
5. reputasi korporat untuk kepemimpinan mutu dan teknologi
6. strategi yang lama dalam industri atau gabungan yang unik dari ketrampilan
yang diambil dari usaha-usaha yang lain
7. kerjasama yang kuat dari saluran-saluran.
B.
Persyaratan Organisasi Umum
1. koordinasi
yang kuat antara fungsi-fungsi dalam riset dan pengembangan produk, dan pemasaran.
2. Pengukuran
dan insentif yang subyektif.
3. Suka
menarik tenaga yang kreatif.
- Kepemimpinan biaya menyeluruh ( Overal cost leadhership)
Adalah strategi yang lebih memperhitungkan para pesaing daripada pelanggan.
Perusahaan memfokuskan pada harga jual yang murah pada pembeli.
Persyaratan strategi ini adalah :
A. Keterampilan dan Sumber Daya Umum yang diperlukan
1. Investasi
modal yang terus menerus dan akses ke modal.
2. Keterampilan
perekayasaan proses
3. Supervisi
tenaga kerja yang ketat.
4. Produk
didisain untuk kemudahan dalam produksi.
5. Sistim
distribusi dengan biaya rendah.
B. Persyaratan organisasi umum
1. Pengendalian
biaya yang ketat.
2. Laporan
yang sering dan laporan pengendalian yang rinci.
3. Insentif
berdasarkan target kuantitatif yang ketat
c.
Fokus
Strategi ini dipakai oleh bisis yang ingin menghindarkan diri dari
konfrontasi langsung dengan pesaingnya dengan cara mengkonsentrasikan diri pada
pangsa pasar yang kecil (niches). Prinsip dasarnya dengan menggunakan strategi
kepemimpinan biaya menyeluruh (low cost).
Persyaratan untuk strategi ini :
- Ketrampilan dan sumberdaya umum yang diperlukan adalah gabungan dari kebijakan-kebijakan diatas yang diarahkan pada target strategik khusus
- Persyaratan organisasi umum adalah gabungan dari kebijakan-kebijakan diatas yang di arahkan pada tarjet strategik reguler
Tidak ada komentar:
Posting Komentar