Translate

Kamis, 22 November 2012

Strategi Generik


STRATEGI GENERIK
Oleh: Wahyu Purhantara


Bentuk dari strategi dapat bervariasi dari satu industri ke industri lain, dari satu perusahaan ke perusahaan dan satu situasi ke situasi yang berbeda. Sehingga setiap perusahaan mempunyai strategi sendiri yang berbeda dengan para pesaing.  Namun ada sejumlah strategi yang umum dapat diterapkan pada berbagai bentuk industri dan ukuran organisasi / perusahaan. Strategi tersebut dikenal dengan “Strategi generik”.
Strategi Generik dari Glueck
Glueck berpendapat bahwa pada prinsipnya terdapat empat macam strategi generik. Keempatnya dikenal sebagai strategi stabilitas (Stability strategy), strategi ekspansi (Expansion strategy),strategi penciutan (retrenchment strategy) dan combinasi (Combination).
a.      Strategi stabilitas
1.Tidak ada pertambahan pada produk,pasar dan fungsi-fungsi perusahaan.
2.Peningkatan efisiensi.
3.Resikonya kecil
4.Alasan menggunakan strategi ini :
1.            Perusahaan telah berhasil dan menguntungkan pada saat ini.
2.            Mudah menerapkan.
3.            Takut ada pemborosan.
b.      Strategi ekspansi
  • Menitik beratkan pada pertambahan pada produk,pasar dan fungsi-fungsi perusahaan.
  • Meningkatkan aktivitas perusahaan.
  • Resiko tinggi.
  • Alasan menggunakan strategi ini
1. Masyarakat akan diuntungkan dengan adanya perluasan usaha.
2. Adanya tekanan dari pihak luar
c.       Strategi penciutan
  • Pengurangan atas produk,pasar dan fungsi-fungsi perusahaan.
  • Penekanan pada pengurangan bisnis.
  • Kondisi bisnis menurun
  • Karena unit-unit tertentu memerlukan penambahan untuk mengatasi masalah yang timbul (SBU).
  • Alasan :
o   Adanya kesempatan yang lebih baik dibidang lain.
o   Kekuatan yang tidak mampu menghadapi persaingan
o   Unit bisnis merugi terus.
o   Unit bisnis todak dapat memenuhi target yang telah ditentukan.
d.     Strategi combinasi
þ  Gabungan strategi diats pada situsi dan kondisi yang berbeda.
þ  Alasan menggunakan strategi ini :
o   Terjadinya perubahan yang cepat.
o   Adanya tahap-tahap kehidupan yang berbeda dari sebuah produk

Strategi Generik M. Porter.
Jika perusahaan menjalankan bisnis, maka prinsip dasar untuk mencapai keuntungan yang tinggi adalah : membeli dangan harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi.
                         
Keunggulan Bersaing
                                       Posisi biaya rendah                          Keunikan yg dilihat pelangan

Sasaran Luas
 
Keunggulan Biaya


Differensiasi
Segmen tertentu
 
Fokus Biaya


Fokus Differensiasi

Terdiri  dari :
1.         Diferensiasi (Differentiation)
2.         Kepemimpinan biaya menyeluruh  (Overall cost leadership)
3.         Fokus (Focus) : 
        a.Diferensiasi  
        b.Kepemimpinan biaya menyeluruh

a.  Diferensiasi adalah mengambil pelanggan sebagai titik perhatian utama. Strategi ini menitik beratkan pada membangun persepsi pembeli akan keungulan kualitas, desain produk, teknologi, jaringan distribusi, image berat, bahan atau pelayanan. Persyaratan untuk strategi ini adalah :
               A.    Ketrampilan dan Sumberdaya Umum yang di perlukan
                     1. kemampuan pemasaran yang kuat
                     2. bakat yang kreatif
                     3. perekayasaan produk  
                     4. kemampuan yang kuat dalam riset dasar
                     5. reputasi korporat untuk kepemimpinan mutu dan teknologi
                     6. strategi yang lama dalam industri atau gabungan yang unik dari ketrampilan
                         yang diambil dari usaha-usaha yang lain
                     7. kerjasama yang kuat dari saluran-saluran.
B.     Persyaratan Organisasi Umum
1. koordinasi yang kuat antara fungsi-fungsi dalam riset dan pengembangan  produk, dan pemasaran.
2.  Pengukuran dan insentif yang subyektif.
3.   Suka menarik tenaga yang kreatif.
  • Kepemimpinan biaya menyeluruh ( Overal cost leadhership)
Adalah strategi yang lebih memperhitungkan para pesaing daripada pelanggan. Perusahaan memfokuskan pada harga jual yang murah pada pembeli.
Persyaratan strategi ini adalah :
A. Keterampilan dan Sumber Daya Umum yang diperlukan
1.  Investasi modal yang terus menerus dan akses ke modal.
2.  Keterampilan perekayasaan proses
3.  Supervisi tenaga kerja yang ketat.
4.  Produk didisain untuk kemudahan dalam produksi.
5.  Sistim distribusi dengan biaya rendah.
B. Persyaratan organisasi umum
1.  Pengendalian biaya yang ketat.
2.  Laporan yang sering dan laporan pengendalian yang rinci.
3.  Insentif berdasarkan target kuantitatif yang ketat

c.       Fokus
Strategi ini dipakai oleh bisis yang ingin menghindarkan diri dari konfrontasi langsung dengan pesaingnya dengan cara mengkonsentrasikan diri pada pangsa pasar yang kecil (niches). Prinsip dasarnya dengan menggunakan strategi kepemimpinan biaya menyeluruh (low cost).
Persyaratan untuk strategi ini :
  • Ketrampilan dan sumberdaya umum yang diperlukan adalah gabungan dari kebijakan-kebijakan diatas yang diarahkan pada target strategik khusus
  • Persyaratan organisasi umum adalah gabungan dari kebijakan-kebijakan diatas yang di arahkan pada tarjet strategik reguler

Tidak ada komentar:

Posting Komentar