PENGEMBANGAN
SDM BERBASIS KOMPETENSI
Oleh Wahyu Purhantara
Dalam
mengungkap kinerja organisasi Nickson (2007:169) mengutip pendapat Armstrong
mengenai yaitu :
“Performance management is about getting better results from the
organization, teams and individuals by understanding and managing performance
within an agreed framework of planned goals, standards and competing
requirements. It is a process for establishing shared understanding about what
is to be achieved, and an approach to managing and developing people in a way
which increases the probability that it will be achieved in the short and long
term. It is owned and driven by management. “
Berdasarkan
pendapatnya di atas dapat dikatakan bahwa kinerja organisasi diperoleh dari
pengelolaan berbagai tujuan, sasaran dan pengembangan sumber daya manusia di
dalamnya dalam rangka mencapai tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Peran pimpinan dalam hal ini sangat dominan. Sejauh mana pimpinan menghendaki
SDM organisasinya berkembang maka pimpinan tersebut memiliki kewenangan dalam
mewujudkan pengembangan SDM melalui berbagai kegiatan pengembangan dan
pelatihan sesuai dengan masing-masing kompetensi yang dimiliki pegawainya.
Berbagai
upaya pengembangan SDM hendaknya didukung oleh beberapa faktor diantaranya:
1. Terdapat seleksi SDM yang baik
untuk benar-benar menciptakan pegawai yang berkualitas
2. Merancang keselarasan antara
kebutuhan organisasi dan kemampuan pegawai
3. Menyediakan sarana, prasarana dan
teknologi yang sesuai untuk pengembangan pegawai
4.
Komitmen yang tinggi dari setiap
elemen organisasi untuk melakukan pengembangan pegawai secara berkesinambungan.
Apabila daya dukung
organisasi sudah dapat berjalan secara simultan maka pengembangan sumberdaya
manusia berbasis kompetensi akan dapat memberikan dampak baik bagi peningkatan
kinerja organisasi. Hal ini terjadi karena sumberdaya manusia yang berkembang
secara kompeten merupakan suatu kondisi dimana seluruh elemen internal
organisasi siap untuk bekerja dengan mengandalkan kualitas diri dan kemampuan
yang baik.
Pada level tertentu
dimana kondisi di atas sudah mampu tercipta dalam suatu organisasi maka kinerja
individu organisasi menjadi cerminan bagi kinerja organisasi. Terdapat banyak
tantangan dalam menciptakan situasi kondusif bagi organisasi untuk meningkatkan
kinerjanya dan pengembangan SDM merupakan salah satu hal yang patut kian
dilakukan. Organisasi yang menghendaki kinerja yang optimal dibutuhkan pula konsistensi
dari manajemen mengenai pengelolaan pegawai yang baik dan proporsional serta
menciptakan hubungan kerja yang efektif.
Pengembangan SDM
yang berbasis kompetensi dapat membantu organisasi untuk memiliki sumber daya manusia yang kompeten
dan handal dalam bekerja. Melalui berbagai kegiatan pengembangan dan pelatihan,
kompetensi SDM akan lebih optimal dan berujung pada meningkatnya kinerja
organisasi melalui penjabaran serta operasionalisasi visi dan misinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar