PELATIHAN
DAN PENGEMBANGAN SDM
Oleh: Wahyu Purhantara
Pelatihan
dan pengembangan dapat didefinisikan sebagai usaha yang terencana dari
organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan pegawai.
Pelatihan dan pengembangan merupakan dua konsep yang sama, yaitu untuk
meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan. Tetapi apabila dilihat
dari sasarannya, pelatihan lebih ditekankan pada peningkatan kemampuan untuk
melakukan pekerjaan yang spesifik pada saat ini, dan pengembangan lebih
ditekankan pada peningkatan pengetahuan untuk melakukan pekerjaan pada masa
yang akan datang, yang dilakukan melalui pendekatan yang terintegrasi dengan
kegiatan lain untuk mengubah perilaku kerja.
Terdapat
beberapa keuntungan dengan dilakukannya pelatihan dan pengembangan bagi pegawai
yang pada akhirnya akan membawa keuntungan bagi organisasi diantaranya :
1. Mendorong pencapaian pengembangan
diri pegawai
2. Memberikan kesempatan bagi pegawai
untuk berkembang dan memiliki pandangan tentang masa depan kariernya.
3. Membantu pegawai dalam menangani
konflik dan ketegangan.
4. Meningkatkan kepuasan kerja dan
prestasi kerja
5. Menjadi jalan untuk perbaikan
keterampilan dalam bersosialisasi dan berkomunikasi.
6. Membantu menghilangkan ketakutan
dalam mencoba hal-hal baru dalam pekerjaan
7. Menggerakkan pegawai untuk
mencapai tujuan-tujuan organisasi
Berdasarkan hal-hal
di atas maka pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia memberikan dampak
yang baik terhadap kinerja pegawai tersebut sebagai individu. Hal ini jelas
akan membawa peningkatan terhadap kinerja organisasi apabila pelatihan dan
pengembangan pegawai dilakukan secara terencana dan berkesinambungan.
Pengembangan SDM dirasakan sangat penting karena tuntutan pekerjaan yang sangat
kompleks akibat kemajuan teknologi dan kompetisi diantara berbagai organisasi,
sangat membutuhkan pengembangan pegawai yang baik.
Beberapa tujuan dari
pengembangan pegawai diantaranya :
1.
Meningkatkan produktivitas kerja
2.
Meningkatkan efisiensi tenaga,
waktu, bahan baku, dan mengurangi ausnya mesin-mesin
3.
Mengurangi tingkat kecelakaan
pegawai
4. Meningkatkan pelayanan yang lebih
baik dari karyawan untuk konsumen perusahaan dan atau organisasi
5.
Menjaga moral pegawai yang baik
6.
Meningkatkan karier pegawai
7.
Meningkatkan kecakapan manajerial
pegawai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar