ANALISIS KOMPETITOR
Oleh: Wahyu
Purhantara
Ø
Analisa
pesaing akan memberitahu perusahaan tentang tujuan masa datang, strategi
saat ini, asumsi-asumsi dan kapabilitas perusahaan yang langsung bersaing
dengan perusahaan.
Ø Langkah yang
harus ditempuh untuk
menganalisa pesaing adalah:
1. Perusahaan
adalah menguji seberapa besar ancaman
pesaing berpengaruh kepada perusahaan kita. Identifikasi pesaing
harus diketahui untuk dianalisis guna menentukan:
2. Mentargetkan
ukuran pangsa pasar (market share)
yang akan dikuasai atas space market.
3. Mentargetkan
waktu penguasaan market share agar pangsa pasar menjadi
profitable dengan meminimalisir biaya pemasaran.
4. Membuat rencana pengembangan pasar yang didatangkan dari pengembangan konsumen atau pengembangan dari struktur
segmen. Perencanaan ini akan dinilai layak jika didasarkan pada analisis
peluang (market space), analisis
ancaman pesaing, dan analisis pertumbuhan segmen.
5. Menyiapkan
strategi-strategi pemasaran untuk menghadapi reaksi dari pesaing,
seperti strategi perang harga, strategi layanan pascajual, sabotase pasar.
6. Menyiapkan
langkah pemasaran strategik, yaitu langkah untuk memenangkan persaingan:
strategi bertahan, strategi menekan, strategi serangan balik, dll.
7. Menguji faktor lain
Kemenangan di dalam persaingan dapat didatangkan dari faktor lain, bukan
berasal dari produk pesaing yang lemah. Oleh karena itu perlu
diidentifikasi tingkat sensitifitas produk terhadap pengaruh lain.
a. Pengujian terhadap produk terhadap pengaruh teknologi dan sistem
informasi. Prospek produk sangat ditentukan oleh pengaruh teknologi dan sistem
informasi. Banyak produk terpaksa masuk tong sampah karena tidak tahan uji
terhadap pengaruh teknologi dan sistem informasi.
b. Mempertimbangan pengaruh produk lain nonkompetitif, dan jelaskan seberapa jauh
pengaruh tersebut, baik secara positif maupun negatif terhadap produk
perusahaan.
c. Mengamati trend
pasar. Perkembangan pasar
sangat cepat, sehingga produk perusahaan dapat secara cepat tidak diminati oleh
pelanggan. Kondisi pasar sekarang adalah pasar yang cerdas, sehingga konsumen
sangat cepat berperilaku untuk meninggalkan dan berpindah produk.
d. Mencermati
perubahan. Tidak ada yang
abadi di dunia ini, kecuali perubahan. Demikian pula dengan produk, perubahan
dan inovasi produk harus selalu dilakukan untuk memenuhi selera dan harapan
pasar.
e. Membuat
kesimpulan atas kemampuan
kompetitif dan rekomendasi kelayakan
f. Kesimpulan yang dibuat adalah suatu
simpulan analisis atas tingkat kekuatan perusahaan untuk memenangkan persaingan.
Hasil analisis ini kemudian dituangkan dalam bentuk target penguasaan pasar,
target waktu penguasaan, strategi yang harus ditempuh, program-program untuk
membangun keunggulan. Sedang rekomendasi berisi tentang program kerja, taget
waktu pelaksanaan, biaya, dan penanggung jawab.
| |||||
Translate
Selasa, 20 November 2012
Manajemen Strategik
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar