Translate

Selasa, 20 November 2012

Manajemen Strategik




ANALISIS KOMPETITOR

Oleh: Wahyu Purhantara


Ø  Analisa pesaing akan memberitahu perusahaan tentang tujuan masa datang, strategi saat ini, asumsi-asumsi dan kapabilitas perusahaan yang langsung bersaing dengan perusahaan.
Ø  Langkah yang harus ditempuh untuk menganalisa pesaing adalah:
1.  Perusahaan adalah menguji seberapa besar ancaman pesaing berpengaruh kepada perusahaan kita. Identifikasi pesaing harus diketahui untuk dianalisis guna menentukan:
2.  Mentargetkan ukuran pangsa pasar (market share) yang akan dikuasai atas space market.
3.  Mentargetkan waktu penguasaan market share agar pangsa pasar menjadi profitable dengan meminimalisir biaya pemasaran.
4.     Membuat rencana pengembangan pasar yang didatangkan dari pengembangan konsumen atau pengembangan dari struktur segmen. Perencanaan ini akan dinilai layak jika didasarkan pada analisis peluang (market space), analisis ancaman pesaing, dan analisis pertumbuhan segmen.
5.     Menyiapkan strategi-strategi pemasaran untuk menghadapi reaksi dari pesaing, seperti strategi perang harga, strategi layanan pascajual, sabotase pasar.
6.   Menyiapkan langkah pemasaran strategik, yaitu langkah untuk memenangkan persaingan: strategi bertahan, strategi menekan, strategi serangan balik, dll.
7.      Menguji faktor lain
Kemenangan di dalam persaingan dapat didatangkan dari faktor lain, bukan berasal dari produk pesaing yang lemah. Oleh karena itu perlu diidentifikasi tingkat sensitifitas produk terhadap pengaruh lain.
a.    Pengujian terhadap produk terhadap pengaruh teknologi dan sistem informasi. Prospek produk sangat ditentukan oleh pengaruh teknologi dan sistem informasi. Banyak produk terpaksa masuk tong sampah karena tidak tahan uji terhadap pengaruh teknologi dan sistem informasi.
b.   Mempertimbangan pengaruh produk lain nonkompetitif, dan jelaskan seberapa jauh pengaruh tersebut, baik secara positif maupun negatif terhadap produk perusahaan.
c.    Mengamati trend pasar. Perkembangan pasar sangat cepat, sehingga produk perusahaan dapat secara cepat tidak diminati oleh pelanggan. Kondisi pasar sekarang adalah pasar yang cerdas, sehingga konsumen sangat cepat berperilaku untuk meninggalkan dan berpindah produk.
d.     Mencermati perubahan. Tidak ada yang abadi di dunia ini, kecuali perubahan. Demikian pula dengan produk, perubahan dan inovasi produk harus selalu dilakukan untuk memenuhi selera dan harapan pasar.
e.   Membuat kesimpulan atas kemampuan kompetitif dan rekomendasi kelayakan
f.       Kesimpulan yang dibuat adalah suatu simpulan analisis atas tingkat kekuatan perusahaan untuk memenangkan persaingan. Hasil analisis ini kemudian dituangkan dalam bentuk target penguasaan pasar, target waktu penguasaan, strategi yang harus ditempuh, program-program untuk membangun keunggulan. Sedang rekomendasi berisi tentang program kerja, taget waktu pelaksanaan, biaya, dan penanggung jawab.


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar