MANAJEMEN STRATEGI
Oleh: Wahyu Purhantara
Definisi
Strategi
Kata strategi berasal dari bahasa yunani “ Strategos” terdiri dari dua kata
Stratos yang berarti militer dan ag yang berarti memimpin yang berarti
generalship atau sesuatu yang dikerjakan oleh para jenderal perang untuk
memenangkan perang.(Agustinus, 1996 ; 19 )
Strategi adalah
menentukan apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan agar mencapai misi dan
tujuan perusahaan. Dengan kata lain strategi adalah cara yang harus dilakukan
oleh perusahaan agar memiliki keunggulan bersaing yang berkesinambungan.
Perbedaan Strategi dan Taktik .
Strategi adalah menentukan apa yang harus dikerjakan sedangkan taktik
adalah menentukan bagaimana kita mengerjakan sesuatu.
Strategi yang baik adalah mampu
memenangkan persaingan tanpa harus berkonfrontasi dan melakukan pengorbanan
yang terlalu besar atau mengeluarkan cost yang besar.
Taktik (operasi) adalah menentukan bagaimana kita mengerjakan sesuatu agar
memenangkan persaingan ( bagaimana kita mengimplementasikan strategi yang sudah
dirumuskan ).
Pengertian Visi, Misi, Tujuan, Kredo :
Visi adalah cita-cita dimasa depan yang difikirkan oleh pendiri atau
pemimpin organisasi.
Misi adalah penjabaran dari visi kedalam statement organisasi yang terfokus
kepada kebutuhan stakeholdernya.
Falsafah atau kredo organisasi adalah nilai-nilai yang ditanamkan dan
dijadikan sebagai acuan dalam setiap gerak dan langkah perusahaan.
Tujuan perusahan adalah pernyataan kualitatif mengenai keadaan atau hasil
yang ingin dicapai dimasa yang akan datang, dimana penetapan tujuan
dipertimbangkan atas dasar :
ü Pangsa
pasar.
ü Biaya
terendah.
ü Pelayanan
ü Keuntungan
ü Inovasi
yang tinggi.
ü Efisiensi
ü Tanggung
jawab sosial
Tujuan dibuat harus memenuhi kaidah ; kaidah berikut atau dapat disingkat SMART:
Simple :
Tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah
dimengerti,
sehingga dapat dipahami oleh semua anggota
organisasi.
Measurable :
Jelas, kongkrit dan terukur dan mampu menjadi motivasi bagi
karyawan.
Aplikabel :
Layak atau perusahaan mampu untuk melakukannya.
Reliabel :
Selalu sesuai dengan harapan dan kepentingan stakeholder serta
perkembangan
zaman atau realita kehidupan.
Time Able :memiliki
tenggang waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam waktu
tertentu.
Pengertian Manajemen Strategi.
Manajemen Strategik adalah suatu
seni dan ilmu dari pembuatan (formulating), penerapan (implementing, dan
evaluasi keputusan, keputusan strategis antar fungsi-fungsi yang memungkinkan
sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuan masa mendatang.
Menurut W.F .Glueck (1988) Manajemen strategi adalah serangkaian
keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan manajerial yang mengarah pada
penyusunan strategi-strategi efektif untuk mencapai tujuan perusahaan.
Menurut Hitt,Ireland,dan
Hoskisson (1999;6) Jadi Manajemen Strategik adalah suatu suatu seni dan ilmu
untuk menciptakan keunggulan bersaing yang berkesinambungan sehingga dapat
mencapai tujuan perusahaan.
Proses manajemen strategi merupakan suatu paket komitmen keputusan dan langkah yang diharapkan bagi sebuah
perusahaan untuk mencapai tingkat daya saing dan menghasilkan labadi atas
rata-rata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar